Home » Masakan » Resep Cimol ala Tukang Cimol & bumbu Cuko

Resep Cimol ala Tukang Cimol & bumbu Cuko

Resep Cimol ala Tukang Cimol & bumbu Cuko

Sesuai request nih dari pembaca  ditanyakan ulang deh resep cimol ke tukang cimol (yang laen – bukan yang kemaren) dan akhirnya dapat resep yang memang asli ga mental-mental :

1. yang paling penting – air yang digunakan harus mendidih dan langsung diuleni pake tangan (ga kebayang deh gimana caranya… ckckck..) – untuk takaran airnya kata tukang cimol secukupnya aja Bu..

2. Bahan2 – gunakan tepung kanji yang bagus (ni tukang cimol pake merk  S@6u T@*i – 300 gr

tepung beras 3 sdm, tepung terigu 2 sdm, 1 sendok teh baking powder, garam dan merica secukupnya (atau yang suka pakai penyedap, silahkan saja disesuaikan)

3. Cara buatnya tepung kanji yang sudah dikasih garam dan merica secukupnya dicampur dengan air mendidih lalu diuleni sambil dikasih tepung beras sampai adonannya bisa dibentuk.

Abis itu goreng deh..

kalau di tukang cimol, nih cimol dibumbuin pake bumbu instan. katanya belinya di pasar induk yang sebungkus apa sekilonya 40rb-an. Tapi aku lebih suka pake bumbu cuko sih..

Gampang kok buatnya..

– didihkan Air 350 cc

– Masukkan Gula merah kira-kira 50gram atau 1 Gandu disisir halus  + gula putih 2 sdm

– garam 2 sdt

– masukkan Cabe rawit merah atau hijau kira-kira 10 buah s.d 15 tergantung selera + 2 siung bwg putih   yang sudah  diulek halus

– Asam Jawa secukupnya (kira-kira 1 bungkus kecil yang dijual di tukang sayur gt)

-Masak hingga berbau harum

Sajikan dengan cireng.. hehehe.. selamat mencoba. Aku sih doyan. Tapi hati-hati yang punya penyakit maag.. jangan kebanyakan makan cuko nya. ntar sakit perut..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s